Suami Tidak Jujur Memang Membuat Sakit, dan Inilah Tips Membongkar Kebohongannya!

Lakukan ini saat anda mengetahui suami tidak jujur!

Kejujuran adalah pondasi utama dalam sebuah hubungan. Baik hubungan percintaan, pertemanan, pekerjaan dan hubungan lainnya. 

Sebuah kejujuran adalah hal yang harus kita jaga. Karena apa? Saat seseorang berbohong satu kali saja, ketika berikutnya ia berkata jujur pun akan diragukan. 

Karena kepercayaan adalah sebuah hal yang mahal. Saat sekali saja anda kehilangannya, maka anda akan kehilangan selamanya.

Begitu juga di dalam rumah tangga. Kejujuran antar pasangan harus terus dilakukan. Karena inilah pondasi utama pernikahan. 

Disaat pasangan mulai berani berbohong, maka ia telah menodai kesucian kepercayaan yang diberikan. Dan kebohongan ini tentu akan menimbulkan kebohongan lainnya. 

Dan jika seorang suami berbohong, maka selamanya istri tidak akan mempercayainya. Mungkin istri akan percaya. Tapi, didalam hatinya, keraguan akan selalu menghantui. 

Dan cara membongkar kebohongan suami pun tidak mudah. Karena kecurigaan istri tanpa bukti sendiri bisa menghalanginya untuk mencapai kebenaran. 

Peneliti Inggris menerbitkan Journal Plos One pada 2021, dan menetapkan bahwa gerakan mata bukanlah prediktor yang baik untuk membongkar kebohongan.

Jadi, bagaimana cara membongkar kebohongan suami?

1. Coba untuk Mengajukan Pertanyaan Tak Terduga

Suami Tidak Jujur
berikan pertanyaan tak terduga. ilustrasi dari freepik

Saat suami berbohong, biasanya mereka telah menyiapkan skenario terbaik. Mereka secara rapi menutupi hal-hal besar yang menjadi kebohongannya. 

Akan tetapi, kadang kelemahan mereka adalah tidak menutup hal-hal kecil. Sehingga anda tidak perlu langsung menuduhnya. 

Tapi, anda bisa membongkarnya dari bagian-bagian terkecil dari kebohongan yang dibuat oleh suami. 

Contoh sederhananya, saat suami mengatakan ia makan malam bersama rekan kantornya. Jika anda merasa ini adalah kebohongan, maka mulailah untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan detail. 

Pertanyaan etail itu bisa meliputi, Siapa yang duduk di dekat Anda? Apa yang mereka makan? Apa yang kamu bicarakan?

Siapa yang masih di sana saat kamu pergi? Kamu makan apa? Di mana mejanya? Ada berapa meja kosong disana?

Detail yang anda tanyakan tergantung pada kebohongannya. Tetapi tanyakan tentang bau, warna, biaya, dan lainnya.

Ajukan pertanyaan yang sama lebih dari sekali tetapi dengan cara yang berbeda sebagai cara membongkar kebohongan suami.

Karena pembohong akan sangat sensitif dengan pertanyaan. Maka mungkin ia akan mengatakan alasan klise seperti ‘Saya tidak ingat’ atau ‘saya tidak tahu’.

Dan mereka akan mencoba memberikan jawaban yang masuk akal. Dan jika pertanyaan detail yang anda tanyakan sama tapi dalam bentuk yang berbeda, bisa jadi kebohongannya akan segera terbongkar. 

Karena mereka akan berusaha dan mencoba untuk senatural mungkin dalam menjawab. Dan mereka akan mencoba menjawab dengan jawaban yang masuk akal. 

Jadi, jangan mudah dibohongi lagi ya para istri. 

2. Tetap Jaga Kontak Mata dengan Suami

Suami Tidak Jujur
menjaga kontak mata dengan suami saat ingin membongkar kebohongannya. ilustrasi dari freepik

Hal ini semacam tindakan nonverbal. Hal sederhana ini juga bisa membongkar kebohongan suami yang telah disusunnya dengan rapi. 

Percaya atau tidak, saat seseorang berbohong, mereka harus mengingat untuk memastikan apa yang mereka akan katakan. 

Mereka harus memastikan jika yang mereka katakan sejalan dengan yang mereka katakan sebelumnya. Dan hal ini tentunya akan membuat mereka berkonsentrasi. 

Mereka juga harus memastikan jika ceritanya sama persis setiap versinya. Ini memang sulit dan paling baik dilakukan tanpa gangguan dari istri yang mencari kebenaran. 

Saat seseorang berbohong, pandangan mata mereka akan sering beralih. Dan biasanya mereka akan terganggu dengan hal-hal tidak bergerak. 

Menjaga kontak mata dengan suami yang berbohong akan membuat mereka sulit mengingat skenario yang telah dibuat. 

Anda mungin pernah mendengar bahwa orang yang berbohong cenderung menyembunyikan matanya.

Secara umum, ini cenderung menjadi indikator yang baik dari suami atau pasangan yang berbohong.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh The Swaddle pada tahun 2018, seseorang yang menjaga kontak mata selama percakapan, cenderung tidak berbohong kepada anda.

Hanya ada satu masalah, yaitu kemungkinan cara membongkar kebohongan suami dengan hal ini sudah diketahui suami lebih dulu.

Sehingga suami sudah lebih dulu antisipasi. Kemudian ia akan menatap anda agar terlihat lebih jujur. 

Tapi anda masih tetap bisa memperhatikan bagaimana mata suami berperilaku selama percakapan biasa.

Kontak mata yang terlalu sedikit atau terlalu banyak menunjukkan suami sedang menyembunyikan sesuatu. Tentu saja, anda tidak boleh hanya berfokus pada mata.

Lihat pula bagaimana gerak gerik dan keanehan yang terjadi pada pasangan. Karena hal ini bisa menjadi bukti jika ia berbohong. 

3. Gunakan I Message Ketika Suami Tidak Jujur

I message sendiri adalah komunikasi dua arah tanpa menyalahkan lawan bicara. Akan tetapi pembicaraan ini lebih berfokus pada apa yang dirasakan. 

Misalnya anda mengatakan apa yang anda rasakan akhir-akhir ini pada suami. Kemudian lihat bagaimana reaksi yang dia berikan. 

Contohnya dengan mengatakan “Mas, aku nggak nyaman kalau akhir-akhir ini kamu pulang malam terus.”

Kemudian lihat bagaimana respon suami. Jika ia merespon dengan baik dan menenangkan anda, maka tidak ada yang disembunyikannya. 

Tapi sebaliknya, ketika responnya marah atau bernada tinggi, bisa jadi ia sedang melindungi sesuatu. 

Maka dari itu, anda harus bersiap-siap untuk menerima jawaban apa dari suami anda. 

 4. Ungkap dengan Fakta dan Data yang Anda Miliki

bicarakan fakta dan data. ilustrasi dari freepik

Jika anda sudah memiliki cukup bukti, anda bisa mulai untuk bertanya pada suami. Dan jika ia menyangkal, maka anda bisa menunjukkan bukti yang ada. 

Saat anda sudah menunjukkan bukti-bukti nyata, maka suami tidak akan bisa berkutik lagi. Jika pun mengelak, justru jawabannya akan terdengar semakin tidak masuk akal. 

Untuk itu, sebelum anda bertanya, lebih baik cukupkan bukti-bukti yang anda miliki. Karena anda tidak bisa berasumsi tanpa bukti. 

Justru asumsi tanpa bukti ini akan membuat anda jadi terpojokkan. Anda justru yang akan terlihat bersalah dalam masalah ini. 

Jadi, kumpulkan dulu bukti yang ada kemudian tunjukkan padanya. 

5. Sebelum Bertanya, Ajukan Pertanyaan Pada Diri Sendiri

Hal terakhir yang bisa anda lakukan yaitu, menanyakan pada diri sendiri. Apakah benar suami berselingkuh? Apakah benar ia berbohong? 

Karena sebagai pasangan suami istri, sangat pentng sekali untuk memahami karakter pasangan. Jika anda mulai curiga suami berbohong, coba cek kembali. Benar kah seperti itu?

Karena pada dasarnya, beberapa pria memang memiliki karakter yang tertutup. Mereka cenderung lebih menyimpan cerita sendiri. 

Selain itu, anda juga bisa membongkar kebohongan suami dengan obrolan santai. Misalnya menikmati sore hari ditemani teh hangat. 

Kemudian berikan dia tampilan yang berbeda. Misalnya menggunakan wewangian dari dokter Boyke yaitu BDN parfum.

Obrolan santai sambil menikmati pemandangan ini bisa membuka kebohongan suami. Ditambah suami yang akan gagal fokus karena wangi anda yang membuat ia jadi terpesona. 

Skenario yang sudah dirancang dengan rapi pun akan gagal total. 

Author

Bagi saya menulis adalah bagaimana mengungkapkan rasa. Berekspresi dengan rasa melalui tulisan. Menyalurkan imajinasi yang tertanam didalam pikiran. Mungkin bagi sebagian orang membaca dan menulis adalah hal yang membosankan. Tapi bagi saya, keduanya adalah nafas kehidupan.

Write A Comment